• SKACI

    Sekolah Komputer Anak Cinta Indonesia

    Bermain adalah hak anak. Membuatnya hebat dan berprestasi adalah kewajiban orangtua. Membimbing anak bermain agar jadi jago IT/Komputer adalah tugas kami

    Buton

  • Fahma-Hania

    Karya-karya Fahma-Hania

    Aplikasi-aplikasi buatan Fahma-Hania


    Buton

  • SiGokil

    Capture beautiful moments, interesting sights, something weird, accidents, crimes, or just yourself and share from your exact position. Sell or find stuff near you, and bid or offer using this app. Track your children, spouse, even your vehicles

    Buton

  • SiGokil Solutions

    Give implementable mobile solutions to accommodate the needs of mobile reporting, mobile surveying, mobile monitoring, mobile tracking, and back-end analyzing, to improve efficiency and effectiveness

    Buton

  • ACI Corporation

    Attentive Creations International is a mobile and web applications developer. We develop perfection in all applications we built. We have been the biggest part of industries solutions.

    Buton

1
Okt25

Dalam kesehariannya kadang-kadang anak suka mengajak kita (orangtua) menemaninya untuk bermain peran, bermain drama. Ia akan senang jika orangtua dapat memainkan peran sesuai dengan peran yang diinginkannya, contoh orangtua memainkan peran sebagai anak dan ia sendiri menjadi orangtua (bertukar posisi). Pada kesempatan seperti ini secara tidak langsung sebenarnya anak sedang belajar. Ia sedang belajar menirukan perilaku orangtua yang pernah ia terima, baik melalui pendengarannya maupun penglihatannya. Ucapan dan perbuatan orangtua biasanya ditirunya dengan sempurna.

 

Janganlah merasa heran ketika anak memerankan peran sebagai orangtua yang sedang marah ucapan dan perilakunya mirip dengan apa yang pernah orangtua lakukan kepadanya. Hindari menilai buruk permainan yang satu ini. Perlu orangtua ketahui bahwa bermain peran memberikan banyak nilai positif, baik kepada anak maupun orangtua. Melalui peran sebagai orangtua yang dilakukan oleh anak dapat memberikan banyak masukan kepada orangtua tentang hal-hal yang sebenarnya kurang baik atau tidak disukai anak. Selai itu, melalui bermain peran seperti ini kecerdasan interpersonal yang terdapat pada diri anak akan semakin terasah. Pada saat anak bermain peran melalui drama yang ia ciptakan, ia belajar mengamati dan menirukan peran lain. Dengan cara berusaha menjadi orang lain, ia juga belajar hidup bersama dengan orang lain. Oleh karena itu, janganlah orangtua merasa bosan atau bahkan menolak bermain peran bersama anak. Dengan bermain peran, kemampuan anak dalan berinteraksi dengan orang lain akan semakin mahir (Maya & Wido, 2006). Anak akan semakin memahami dan mudah beradaptasi dalam menghadapi berbagai macam karakter orang-orang yang ada di dekatnya (yer).

“Bermain Peran Dapat Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak” 1 Komentar

  1. aya says:

    ada permainan lain ga yg bisa meningkatkan kecerdasan interpersonal anak? klo bs permainan yg berdasarkan teori ahli y..
    trmksh

Berikan Komentar


Dua Buku Fahma+Hania Bikin Animasi&Game Telah Terbit

Bagi Pembaca dan Putra-Putrinya yang jauh dari SKACI, silakan bisa belajar mandiri dengan menggunakan buku ini:
* Foto Dua Buku dan Lokasi SKACI Bandung Dago di Peta
* Informasi mengenai Buku dari Penerbit
rss
rss

Hak cipta semua artikel di web ini adalah milik Yusi Elsiano Rosmansyah, kecuali jika ada penulis lain, namanya akan ditulis secara eksplisit di artikel terkait. Jika Pembaca ingin menggunakan artikel-artikel ini untuk tujuan sosial atau nirlaba (misalnya, buletin yayasan, studi kasus), saya hanya mohon SATU etika akademis saja, yaitu: "CANTUMKAN NAMA PENULIS (Yusi Elsiano Rosmansyah) DAN ALAMAT WEB INI (www.PerkembanganAnak.com)". Mari kita sebarluaskan dan amalkan ilmu pengetahuan dengan bijaksana.